Catatan akhir tahun 2017

2017

Bertahun tahun berkecimpung dalam dunia digital dan mengamati perkembangannya selama ini ada beberapa hal yang menjadi catatan, utamanya pada penghujung 2017 ini.

  1. Persentase mobile sebagai device untuk mengakses masih akan terus tumbuh, walaupun saat  ini sudah mendominasi terhadap desktop.
  2. Mobile akan semakin memainkan peranan penting, utamanya sebagai user identifier dalam dunia digital, dan menjadi patokan bagi produk digital lainnya  eg : Tcash, Jenius, OVO
  3. Karena berfungsi sebagai user identifier, maka akan banyak campaign yang mem-push install ke mobile. ini dilakukan untuk mengejar jumlah orang yang menginstall apps.
  4. Dalam dunia advertising, iklan akan lebih banyak kearah personalization, dimana iklan muncul berdasarkan minat dan habit user dalam browsing.
  5. Untuk pengukurannya juga sudah mulai bergeser, tidak hanya click dan impressions saja, tapi sudah bergeser ke performance, seperti users / sessions, conversions per users (sales, registered, download, etc).
  6. Sayangnya, advertiser yang menjalankan campaign performance ini masih banyak yang belum melakukan PR, seperti landing page yang baik, data collection, analytics tracking dan data sharing. Bahkan bisa jadi tidak dilakukan analisa terhadap attribution  pada komponen yang mempunyai keterlibatan dalam sebuah konversi.
  7. dalam dunia interaksi digital, belum banyak yang bermain, tapi kita sudah lihat VR untuk experience product, interactive wall, social checkin, and social photobooth. Masih ada peluang besar untuk  dunia interaksi ini, tinggal bagimana permodalan dan risetnya saja 🙂

Secara pribadi, masih ada peluang yang besar apabila membuat startup untuk interaksi terhadap  user, mengingat hampir semua brand besar di Indonesia melakukan activation di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.