Mini Drone JJRC H36

JJRC H36

Untuk melancarkan terbang dengan LOS (line of Sight), saya mencari beberapa mini drone. Coba browsing di beberapa market place, ketemulah JJRC H36 seharga 205ribu. Gak pake ragu ragu langsung saja dibeli :). ini penampakannya :

JJRC H36 unboxing
JJRC H36 unboxing

Alternatif lain untuk mini drone / quadcopter sebenarnya ada, yaitu :

  • Eachine e010
  • Furibee F36
  • Syma X12s
  • Cheerson cx10
  • eachine H8

Tapi dari segi harga masih JJRC H36 yang paling murah. Selain faktor harga, ternyata Mini drone ini upgradeable untuk motornya. Ada motor yang performance dan motor yang biasa saja. Ringkasan dari browsing browsing sih banyak yang menyarankan upgrade motor menggunakan Chaoli atau Racestars (semua berukuran 615). lebih efisien buat terbang, katanya sih begitu 🙂

JJRC H36 tampak depan
JJRC H36 tampak depan

Langsung saja ya kita lihat kelengkapan yang diberikan :

  • unit mini drone
  • unit remote control
  • usb charger
  • Batere drone , 150mAh (micro jst 2.0)
Kelengkapan JJRC H36
Kelengkapan JJRC H36

Nah, karena saya belum tahu jenis colokan / kepala yang digunakan, sempat salah beli untuk batere cadangan. Alhasil harus dibuatkan kabel konversi dari jst 2.0 ke 1.2. (kepala JJRC lebih besar). Dan ini pakai insiden salah beli akhirnya banyak stok kabel JST 1.2 (kepala kecil) dirumah.

Batere JJRC dan batere upgrade
Batere JJRC dan batere upgrade

Untuk terbangnya sendiri gak pakai lama-lama amat yaa sekitaran 5 menit, ya karena batere bawaan yang kecil. Untuk belajar mengendalikan ya lumayan lah, kurang lebih sama dengan drone yang besar. Tujuannya sih biar lancar nerbangin dronenya, jadi pas maen FPV sudah gak gagap lagi. Anyway ada tombol acronya juga lho, mantep!

Batere Upgrade JJRC H36
Batere Upgrade JJRC H36

Nah, batere upgrade yang dibeli, ukurannya pas dengan dudukan batere bawaan, tapi lebih panjang sedikit, sehingga menutupi colokan batere pada body. Jalan keluarnya adalah membuat kabel extension untuk batere upgrade ini, seklian juha bisa dipasang kamera untuk FPV, Jadilah sebuah Tiny Whoop!

Port untuk tambahan batere
Port untuk tambahan batere

Paling pas mini drone ini dipakai di dalam ruangan, kalau diluar ruangan susah dikendalikan jika terkena gangguan angin. dan paling seru adalah kalau dibuat balapan pakai drone ini 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *