You Tube Pre Roll : Ketika ukuran Video tidak sesuai

You Tube - Preroll Ads

Suka nonton video di Youtube ? terkadang kalau lagi mau nonton video yang dituju suka ada video iklan yang tampil terlebih. ini lah yang dinamakan video pre roll. kalau dalam bahasanya Google sih video in-stream pre roll. Kalau yang muncul tengah-tengah video namanya berubah menjadi video mid-roll. Mid-roll akan muncul kalau kita menonton video dengan durasi yang panjang.

You Tube - Skippable ads
You Tube – Skippable ads

Video pre-roll ini ada 2 jenis, yang bisa diskip setelah 5 detik pertama, dan yang tidak bisa di skip. Untuk yang bisa diskip bisa dipasang melalui Google Adwords, sedangkan untuk yang tidak dapat diskip harus menghubungi pihak sales dari Googlenya.

Untuk video yang digunakan wajib untuk di upload pada You Tube. Setiap complete view  (100% view) yang didapat dari Video pre-roll ini akan menambahkan jumlah view pada video yang diIklankan.

Agar video pre-roll yang digunakan dapat tampil maksimal, penuh tanpa ada batas hitam, Google telah memberi petunjuk mengenai video yang akan digunakan, kurang lebih seperti ini :

  • Technical requirements: YouTube videos

–The video must be public.

–File format: AVI, ASF, Quicktime, Windows Media, MP4, or MPEG

  • Preferred video codec: H.264, MPEG-2, or MPEG-4
  • Preferred audio codec: MP3 or AAC

–Resolution (16:9 aspect) (fit to YouTube player):

  • 1080p: 1920×1080
  • 720p: 1280×720
  • 480p: 854×480
  • 360p: 640×360

–Frame rate: 30 FPS

–Maximum video length: 30 seconds or less is acceptable for longer video content targeting; 15 seconds or less for shorter video content targeting

–Companion banner : 300×60 px

lebih jelas bisa dilihat pada tautan berikut : https://support.google.com/youtube/answer/187096?hl=en

Terkadang kita lihat pada sebuah video pre-roll ada juga banner yang muncul di sisi kanan. banner ini berukuran 300×60 pixel, lebih sering dikenal juga dengan nama Companion Banner.

Youtube preroll dengan Companion Banner
Youtube preroll dengan Companion Banner

Penggunaan companion banner ini sebenarnya lebih direkomendasikan, kenapa ? karena video ads in-stream hanya sekali jalan dan bisa di skip, sehingga pesan yang tersisa bagi audience yang menyaksikan video hanyalah sebuah companion banner di pojok kanan. Banner itu akan berada disana selama halaman view belum berganti, atau users mengklik video yang lain.

Berikut tampilan video pre-roll jika video tidak memenuhi standar youtube.

 

Video preroll - dengan blok Hitam
Video preroll – dengan blok Hitam

Jadi bagaimana ? lebih baik mempersiapkan materi campaign dengan lengkap kan, video preroll dengan format hd dan lengkap dengan companion bannernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *