Pertimbangkan 4 faktor ini sebelum beriklan

stock-footage-sao-paulo-brazil-june-fruit-for-sale-in-mercado-municipal-de-s-o-paulo-on-june.jpg

Saat ini cukup banyak media yang memudahkan kita untuk beriklan, namun sebelumnya ada faktor-faktor yang yang harus diperhatikan sebelum beriklan, yaitu :

1. Pahami bisnis anda.
2. Tentukan tujuan dalam beriklan
3. Budget untuk beriklan
4. Tentukan performa indikator dalam beriklan

Mari kita bahas satu per satu.
1. Pahami bisnis anda.
Pemahaman yang tepat akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis anda. Gunakan prinsip 5W dan 1H untuk membantu,

  • Apa bisnis yang dilakukan sekarang, apakah itu retail, B2B, maupun jasa.
  • Bagaimana bisnis ini berjalan, apakah ini penjualan langsung, atau multi level, atau melalui distributor ?
  • Siapa konsumen dari bisnis ini, apakah pria, wanita, anak-anak, atau hanya khusus yang mempunyai pengeluaran diatas Rp. 5 Juta. pemahanam yang baik dari konsumen akan membantu dalam penentuan medium dalam beriklan.
  • Pahami juga mengapa orang harus membeli dari bisnis anda.
  • Kapan dan dimana bisnis anda berada ?

Dari 5 point diatas seharusnya dapat membantu dalam membuat materi dan kalimat ajakan untuk iklan yang sesuai dengan bisnis anda.

2. Tentukan Tujuan dalam beriklan
Umumnya dalam beriklan ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, yaitu :

  • Awareness : ini yang paling sering dilakukan, yaitu hanya sekedar memberi tahu bahwa ada brand milik anda di pasaran (aware).
  • Direct response : ada response balik yang diharapkan dilakukan oleh audiens, seperti isi form, daftar newsletter, download pdf.
  • Consumer engagement : umumnya lebih diutamakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan mempertahankan konsumen dari bisnis kita dari brand milik orang lain.
  • Drive Sales :ini juga salah satu tujuan yang dicari, yaitu bagaimana dengan beriklan, dapat mendrive ke sales dari suatu bisnis.

3. Tentukan budget dalam beriklan.
Budget berhubungan juga dengan tujuan dalam beriklan. Kalau ingin bertujuan meningkatkan Awareness, siap kan saja budget yang super besar :).  Dan budget juga jangan terlalu kecil, jangan-jangan nantinya baru muncul dan di klik 10 kali budgetnya sudah habis. Ada baiknya budget juga disesuaikan dengan besarnya bisnis anda.

4. Tentukan indikator keberhasilan.
Setiap tujuan beriklan mempunyai indikator yang berbeda, seperti :

  • Awareness : umumnya menggunakan reach atau impressions sebagai indikator
  • Direct response : jumlah klik, atau jumlah orang yan mengisi form
  • Consumer engagement : jumlah klik, like, share, views
  • Drive Sales :click, dan jumlah orang yang melakukan pembelian.

 

Dari pemahaman akan 4 hal diatas, semoga bisa membantu dalam beriklan untuk bisnis anda. kalau masih ada hal yang kurang jelas monggo untuk berdiskusi melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *