Perpanjang STNK di Layanan Keliling

Perpanjang STNK di Layanan Keliling

Kepolisian lalulintas mempunyai layanan keliling untuk memperpanjang STNK dan SIM. Terbagi sesuai dengan jumlah wilayah DKI Jakarta.

Untuk Wilayah Selatan Setiap minggu ke 1-2 lokasinya akan berada di parkiran TMP Kalibata, dan untuk minggu ke 3 dan 4 lokasinya akan berada di parkiran Ragunan.

Untuk STNK, paling tidak terlambat kurang dari 1 tahun. lebih dari itu harus di urus di SAMSAT Polda Metro Jaya. Untuk STNK dengan pajak lebih dari 2 Juta, juga harus dilengkapi dengan surat kuasa diatas materai. Dokumen lain yang diperlukan adalah Lembar Asli STNK, KTP, dan BPKB.

Sebagai persiapan, sebaiknya kita mempunyai fotokopi KTP, BPKB, dan fotokopi KTP yang mengurus (jika ada), dan membawa pulpen dari rumah. Tidak membawa juga tak apa, karena disana ada juga yang jual pulpen seharga Rp 2.000;

denahSIm+STNK

 

Sebagai langkah awal, begitu datang dilokasi segera mendatangi pintu bis sebelah kiri (1) untuk mendapatkan formulir, kalau ada fotokopian, sekalian minta di rapihkan. Jika tidak punya fotokopian silahkan datangi pintu depan sebelah kanan (2), dan siapkan uang sebesar Rp 3.000;

Jika sudah silahkan antri di loket pendaftaran (3). Disini siapkan mental anda, karena dokumen akan diperiksa, dan anda akan ditanyai sampai hal2 yang tidak perlu (sptnya sbg ice breaking agar situasi tidak tegang).

Carilah lokasi yang adem, karena dibutuhkan waktu yang cukup lama sampai nama anda dipanggil kembali untuk melakukan pembayaran di loket kasir (2). Sembari menunggu disana banyak kok penjual makanan (bakso, mie ayam) dan kopi.

Begitu nama anda dipanggil, siapkan uang dan lakukan pembayaran. Anda akan diberikan tanda terima lembaran putih, yang berguna untuk mengambil STNK di loket (3).

Semua proses sampai STNK jadi bisa memakan waktu lebih dari 1 jam, tergantung antrian.

Untuk perpanjangan SIM, lebih baik datang lebih awal, karena formulir perpanjangan sim sepertinya terbatas.

Hindari datang jam 11.00-13.00, karena ini jam-jam rawan terpotong waktu istirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *