Ototips: Selang Radiator Darurat

Ototips: Selang Radiator Darurat

Akhir pekan lalu, ketika sedang beranjak keluar rumah, di tengah jalan muncul cipratan ir dari kap mesin, segera minggir, kebetulan ada sebuah pombensin setelah ratu prabu di bilangan tb simatupang sana.

begitu kap mesin dibuka, langsung terlihat uap air dan selang ratiator atas yang jebol.

selang-1

agak panik sih, karena saat itu beserta istri dan anak. Langsung saja saya telepon Bengkel Radiator yang stikernya tertera di radiator untuk menanyakan apakah mereka mempunyai selang radiator atas.

Karena toko2 sparepart sudah pada tutup, akhirnya saya teringat sebuah ban dalam motor yang sudah tidak terpakai lagi untuk mengganti sementara selang radiator atas.

selang-2

selang-3

begitu selesai penggantian, saya tinggal sebentar untuk makan hotdog (sambil menunggu lem kering) lalu meluncur kerumah. Alhamdullilah mobil bisa sampai di rumah tanpa gangguan lagi.

Dan sekarang selang atas pun telah diganti dengan selang radiator beneran di padepokan.

Dalam kondiri darurat ban dalam dapat digunakan sebagai selang radiator, namun harus diperhatikan agar aliran air tidak terganggu karena selang yang lentur.

sebelum menggunakan lem silikon, sebaiknya pipa radiator dibungkus dengan selotip pvc, untuk mencegah kontak langsung antara lem silikon dan pipa besi. Ini berguna untuk meminimalisir karat.

Pada saat mengetahui ada gangguan pada sistem radiator, sebaiknya ditunggu beberapa saat sampai agak dingin, ini berguna untuk mencegah melentingnya cylinder head.

Semoga hal ini tidak sering terjadi ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *