9 Hal untuk menjadi BIKErs di Jakarta

ladybikers, image source : gettyimages

Setidaknya yang saya tahu sejak naik 2 wheelers…, ada 9 hal yang perlu diperhatikan untuk jadi bikers di Jakarta:

  1. Punya SIM C, paling tidak sebelum duduk diatas motor sudah memegang license untuk mengemudikan motor.
  2. Punya Motor, nah ini diaa, gimana mau dibilang sebagai bikers kalau tidak punya motor ? kalau minjem kan ketahuan juga. Lhaa motornya si anu loe pake, apa gak tengsin tuh.
  3. Punya helm. Sudah punya sim, punya motor tinggal greng.. eh helmnya sudah ada belum ? Kalau belum buruan dicari. Helm itu penting buat melindungi kepala dan wajah kita. Mau half face atau full face, yang penting pakai helm.
  4. Tahu jalan. Kalau gak tahu jalan bisa-bisa nanti di tilang sama polisi, hati-hati yaa. Pada umumnya jalan protokol di Jakarta terbagi atas jalur lambat dan jalur cepat. buat yang naik motor jalannya di jalur lambat ya. Ada juga jalan tol, tapi ini cuma mobil yang boleh. kalau ada motor masuk jalan tol jangan iri, siape loe…
  5. Mengerti aturan main. Ini penting, area bermain motor itu ada di sebelah kiri, jalur lambat, kemudian jalan jangan srudag-srudug motong jalan mobil, bisa-bisa celaka nanti. Berhubung  sekarang kondisi di sebelah kiri tidak nyaman, banyak paku, angkot/bis kota berhenti seenak udel, jalan bolong dan bergelombang habis di gali-gali jadi ambil jalan ke tengah dikit gak apa-apa, tai tahu diri,  begitu mulus lagi jangan lupa geser ke kiri ya.
  6. Prioritas Pejalan Kaki. Pemakai jalan raya bukan kendaraan bermotor saja, tapi ada juga pejalan kaki. sebelum bisa naik motor kan jadi pejalan kaki dulu, jadi hormati sedikit. Beri jalan kalau mau nyebrang jalan, jangan rebut jalan jatah pejalan kaki (trotoar), kan buat motor sudah ada jalannya sendiri.
  7. Jaket, masker, sarung tangan, dan perlengkapan keselamatan lainnya. Ini penting buat kesehatan, pakai jaket untuk melindungi diri dari sengatan mataharidan terpaan angin. Pakailah sepatu atau alas kaki yang menutupi jari-jari kaki, jangan pakai sendal Jepit ! Tentang Safety apparel ini ada cerita, seorang rekan dikantor begitu pedulinya terhadap keselamatan, pakai jaket yang ada pelindung pundak, pakai sarung tangan ber titanium, pakai decker dan boots. suatu ketika dia mengalami kecelakaan parah, motornya menabrak kendaraan yang sedang berhenti. dia selamat tanpa ada patah tulang satu pun, tapi bijinya memar terbentur sesuatu. Untung gak apa-apa, cuman opname 3 hari gara2 itu.
  8. jaga jarak. Lalu lintas di jakarta ini padat sekali, sering kali kita mendengar tabrakan beruntun. Hal ini bisa juga terjadi buat pengendara motor, jagalah jarak kanan, kiri dan depan. terlebih lagi kalau masih pakai rem tromol jarak dengan kendaraan di depan diperjauh.
  9. Sabar. meskipun di urutan paling akhir, tapi ini kunci biar tidak ugal-ugalan di jalan. jangan mudah terpengaruh oleh biker yang memainkan gasnya di jalan atau yang bersifat memancing.

Nah Selamat menjadi bikers dijalan, utamakan SELAMAT yaa.

3 Comments


  1. Duuuhhhh gambarnya…teuuuteeuuppp khas bayoe, ngga jaoeh-jaoeh dari gambar cewe kekekkekkekekke…

    Reply

  2. Bagus.
    Satu hal penting lainnya: Safety. Kecelakaan lalu lintas sampai meninggal itu paling banyak dialami pengendara motor.
    Ada ide gimana caranya menurunkan angka kecelakan pengendara motor?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *