cerita dari cerita cyber-creative di jepang.

cerita dari cerita cyber-creative di jepang.

cyber-creative story from Yutaka Sugiyama, Creative Director hakuhodo.jp dimana semua iklan dibuat untuk mendukung web (web based commercial). Pada model tradisional, web hanya dipakai sebagai salah satu pelengkap komersial (tv based commercial) saja.bersama Mr. Yutaka Sugiyama Mengingat daya ingat yang terbatas akan saya coba ceritakan semampunya.

  • kasus 1. Peluncuran HP NEC dibuat sebuah website yang berisikan sebuah game Chase the N. gameplay pada viral ini adalah kita haus menebakdimanakah si N ini berada. dilayar disediakan map dari kota tokyo dan beberapa titik dimana diperkirakan N berada. Apabila menebak dengan benar akan mendapatkan point. Si N akan berpindah tempat dalam waktu periode tertentu dan selama itu pula pengunjung akan diminta menebak tempat si N bersembunyi.Apabila berhasil mengumpulkan sekian point akan mendapatkan hadiah.TVC yang dibuat mendukung viral ini. pada tvc tersebut sangat jelas disebutkan masukkan keyword chase the N pada search engine (yahoo.co.jp)agar dapat sampai ke website ini, atau pergi langsung ke www.chase-the-n.com.
  • kasus2 festival lampu musim semi di jepang ada tradisi untuk membuat lampu. namun kali ini dibuat lampu-lampu sepanjang jalan yang mampu berpendar. Lampu akan berpendar apabila kita menghubungi suatu nomor dari hp. ini tidak hanya dapat dinikmati oleh pengunjung onsite.Lampu ini dapat dinikmati melalu internet, karena dilokasi telah disediakan kamera yang dapat diakses melalui internet untuk menyaksikan bagaimana indahnya lampu itu berpendar.
  • kasus 3. Beer Asahi dibuat sebuah website, yang mana apabila kita memasukkan batch produk kode dari kaleng bir yang kita beli akna muncul informasi-informasi yang menarik.(catatan penulis: model ini dipakai pula oleh bootb.com untuk launchingnya).
  • kasus 4. Batterai Panasonic Panasonic mengeluarkan baterai yang 15% lebih kuat dari baterai biasa. Untuk ini dibuatlah sebuah campaign bahwa battrai pun mampu menerbangkan sebuah pesawat.melalui website, kita dapat memonitor bagimana progessnya dan dapat menjadi bagian dalam proyek ini. TVC juga dibuat untuk mendukung website ini. Pada akhirnya memang pesawat yang buat mampu terbang lebih jauh dari yang dibuat oleh wright bersaudara. Dalam kasus ini terlihat betapa komunitas yang terbentuk mampu membantu proyek yang dibuat.
  • kasus 5. Sample musik. orang jepang sangat senang mendengarkan sampel musik sebelum membeli sebuah cd.jadi dibuatkanlah campaign sample lagu tersebut dapat didengarkan dimana saja (lewat hp, internet, kiosk). judul lagu juda dapat dilihat melalui media cetak, dengan memfoto kode lagu, sampel lagu dapat didengarkan melalui hp.

Sebenarnya masih ada beberapa kasus lagi, tapi saya agak lupa.konklusinya adalah sebagai berikut:

  • Tradisi masyarakat jepang yang selalu membuka internet membantu pertumbuhan iklan melalui internet tumbuh 50x lebih besar pada tahun 2006.
  • Hal tersebut juga tak lepas dengan kemampuan teknologi dan infrastruktur yang ada.
  • Melalui kekuatan web 2.0 (web yang berdasarkan komunitas dan interaksi) seperti youtube dsb akan sangat mampu menolong penyebaran viral, selain you tube juga termasuk blog.
  • Client di jepang memang telah sadar pengaruh kuat dari cyber-creative terutama dalam membentuk sebuah komunitas yang loyal terhadap produk, dan model ini akan berkembang terus ke depannya.


seminar cp 2007 day 2

Permasalahan di indonesia sebenarnya masih klasik, yaitu infrastuktur dan penyebaran internet yang belum merata. Tapi beberapa model dapat diterapkan disini. Berminat ?

1 Comment


  1. aloww baayy..hueheheh…pa kabarr
    ————————-
    #baek bimmm……

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *